Hello

Welcome To BOLD

This Awesome Blogger Template is Brought To You By Bthemez, Let's be friends and spread the love
together in the world. #nohomo :P
Join us on

Flickr

Share Knowledge Metering

NTP dalam Floboss S600+


Sebelum ke inti masalah harap baca terlebih dahulu konsep / teori dasar dari NTP.


Pengertian NTP
Network Time Protocol (NTP) adalah sebuah protokol yang digunakan untuk pengsinkronan waktu di dalam sebuah jaringan bisa pada jaringan LAN (Local Area Network) maupun pada jaringan internet dan untuk sinkronisasi jam-jam sistem komputer di atas paket-switching, variabel-latency jaringan data. Proses sinkronisasi ini dilakukan didalam jalur komunikasi data yang biasanya menggunakan protokol komunikasi TCP/IP. NTP menggunakan port = 123.
Singkronisasi waktu yang dilakukan oleh protokol ini sangat akurat dapat mencapai 10 milidetik untuk jaringan internet dan dapat mencapai 200 ms dalam jaringan lokal. NTP sendiri berada di 2 sisi yaitu sisi klien dan sisi server, kegunaan layanan di ntp adalah untuk mempaskan atau menyesuaikan waktu yang ada sesuai regional dimana mesin komputer itu berada.

Sejarah NTP
NTP merupakan sebuah aplikasi yang berbasiskan Internet protocol yang paling lama, paling tua dan paling terdistribusi yang berjalan dalam Internet tanpa berhenti sedikitpun. NTP ditemukan pada tahun 1984 oleh seseorang bernama Dave Mills yang berasal dari Universitas Delaware.
Pada tahun 1979, jaringan sinkronisasi waktu teknologi yang digunakan dalam apa yang mungkin demonstrasi publik pertama dari internet layanan yang berjalan melalui jaringan satelit trans-Atlantik, di konferensi komputer di New York. Teknologi ini kemudian dijelaskan dalam 1981 Internet Engineering Catatan (IEN) 173 dan protokol umum dikembangkan dari itu yang didokumentasikan dalam RFC 778

Prinsip kerja
NTP bekerja dengan menggunakan algoritma Marzullo dengan menggunakan referensi skala waktu UTC. Sebuah jaringan NTP biasanya mendapatkan perhitungan waktunya dari sumber waktu yang tepercaya seperti misalnya radio clock atau atomic clock yang terhubung dengan sebuah time server. Kemudian jaringan NTP ini akan mendistribusikan perhitungan waktu akurat ini ke dalam jaringan lain.
Sebuah NTP client akan melakukan sinkronisasi dengan NTP server dalam sebuah interval pooling yang biasanya berkisar antara 64 sampai 1024 detik. Namun, waktu sinkronisasi ini biasa berubah secara dramatis bergantung kepada kondisi dan keadaan jaringan yang akan digunakannya.

NTP dalam Floboss S600+

NTP ini di dalam system metering biasanya di gunakan untuk melakukan sincronyze antara FC, HMI, Server,PLC ke gps lock system. sehingga waktu antara ketiga device tersebut akan sama dengan sumbernya (jam satelite). Beberapa event dan history akan sangat di perlukan kesamaan timenya pada saat mendiagnosa sebuah kejadian, misal trip, shutdown.
Begitu juga di report Flow Computer (FC) baik hourly maupun daily, antara FC1 dengan FC2 di harapkan waktunya sama.

Cara setting :
setting di GPS Lock System:
1. Pastikan tidak ada alarm , atau lampu led seharusnya hijau semua , indikator normal.  GPS Lock System dengan model LANTIME M300, type ini terdiri dari 2 LAN, jika hanya di butuhkan 1 LAN type yang cocok adalah M200.

                           


2. Pasang Antena di alam bebas.  jika terpasang di antara dinding dingding ada kemungkinan tidak akan bagus sinyalnya , sebaiknya di pasang di alam bebas , yang langsung terhubung dengan langit / satelit


3. Pada saat pertama di hidupkan biasanya modenya : warm boot. Memerlukan waktu sekitar 10 menit untuk bisa ke normal operation .  check satelite constellation, minimal GPS menangkap 4 satelite , baru mode nya berubah dari warm boot ke Normal operation 
  • in view : jumlah satelite tertangkap oelh GPS
  • good :  satelite yang sinyalnya tertangkap bagus 



4. Check timenya, defaultnya akan ke waktu GMT / UTC. perlu di lakukan modifkasi / settingan supaya waktunya bisa sama waktu local (WIB, waktu indonesia bekasi). Beda antara GMT dengan local time adalah 7 jam.



setting di Floboss
  • Port : port 0 , maksudnya  any port , / sesuaikan dengan portnya gps lock systemnya .
  • IP di sesuaikan dengan ip address gps lock systemnya .
  • Update time :akan di update tiap satu jam, satu hari atau satu minggu


  • jika waktu yang di harapkan belum sama dengan waktu dari GPS  lock system, kemungkinan karena waktu di GPS lock system masih menggunakan waktu GMT / UTC.  jadi perlu  tambahkan 7 jam di settingan waktu local. Time Zone offset = +7 jam 



Cara Check :
1. Cek komunikasi antara laptop dengan GPS lock system dengan cara ping 


2. Cek di event :
     















3. Check di alarm, pastikan Alarm NTP tidak muncul. jika muncul perlu di lakukan 
troubleshhooting misal ip tidak cocok, atau blm bs di ping.






4. Cek konfigurasi di communication 


5. Test dengan mengubah jam di FC lebih cepat dari gps lock system , 
kemudian amati setelah satu jam , maka jam di floboss akan sama dengan jam di gps lock system




By Daniel Ortega













Share this:

ABOUTME

Hi all. This is deepak from Bthemez. We're providing content for Bold site and we’ve been in internet, social media and affiliate for too long time and its my profession. We are web designer & developer living India! What can I say, we are the best..

    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 comments:

  1. Nice info master. 😀
    Oiya mas, misalnya gps time servernya belum ada, bisa ditest pake software/simulator kah mas?

    ReplyDelete